Di dalam islam pria dilarang menggunakan emas dalam bentuk perhiasan apapun, namun jangan khawatir untuk Anda yang ingin menikah bisa menggunakan beberapa jenis cincin nikah di bawah ini.
Cincin diyakini oleh sebagian orang sebagai benda yang melambangkan sebuah komitmen dalam hubungan percintaan. Untuk itulah tidak heran jika banyak pasangan yang memakai cincin ini. bukan hanya bagi mereka yang sudah menikah ataupun bertunangan saja tapi juga oleh mereka yang baru sebatas dekat pun sudah memakai cincin. produsen pun tidak mau kalah. Menyikapi hal ini, para produsen pun berlomba-lomba untuk mengeluarkan model cincin terbaru yang menarik dengan harga yang terjangkau. Bukan hanya menjual cincin dengan desain single tapi desain couple atau berpasangan pun telah mereka buat. Tentu harapannya adalah agar dapat menarik para pasangan yang akan membeli cincin untuk kekasihnya. Tapi sebenarnya bagaimana sih aturan pemakaian cincin menurut Islam? Dan apakah ada jenis cincin yang diperbolehkan dan jenis cincin yang tidak diperbolehkan?
Perlu anda tahu bahwa tukar cincin dalam sebuah pernikahan bukanlah tradisi yang berasal dari Islam. Ini adalah tradisi yang berasal dari barat yang kemudian dipakai oleh sebagian orang Islam. Bahkan di negara kita sendiri, banyak orang Islam yang meniru tradisi ini meskipun sebagian dari mereka tahu bahwa tukar cincin bukanlah tradisi Islam. Menanggapi hal ini sebagian ulama ada yang mengharamkan dan ada juga yang membolehkan. Bagi mereka yang mengharamkan berpendapat bahwa tukar cincin bukanlan tradisi yang berasal dari ajaran Islam tapi itu adalah produk kafir sehingga uma Islam tidak boleh mengikutinya. Sedangkan bagi mereka yang memperbolehkan berpendapat bahwa meskipun itu bukanlah berasal dari ajaran Islam tapi sepanjang itu tidak menimbulkan syirik maka hal itu diperbolehkan.